SILABUS
Unit Sekolah : SMP NEGERI 3 PATI
Kelas : VIII
Semester : 1
Mapel : Matematika
Alokasi waktu: 12 x 40 menit (6 pertemuan)
Standar Kompetensi : 3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam
penyelesaian masalah
Kompe-tensi Dasar
|
Karak-ter
|
Materi Pembelajaran
|
Pengalaman belajar siswa
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber belajar
|
||
Tek-nik
|
Bentuk
instrumen
|
Contoh instrumen
|
|||||||
3.1. Menggu-nakan Teorema
Pythago-ras dalam penyele-saian masalah
|
Kerjasa-ma, berpikir kritis
|
Teorema Pythagoras:
a. Membuktikan teorema Pythagoras
b. Menuliskan teorema Pythagoras pada segitiga
siku-siku
c. Menemukan bilangan-bilangan triple Pythagoras
|
Melalui pembelajaran bersetting
kooperatif dengan pendekatan IDEAL
Problem Solving dan memanfaatkan software
GeoGebra, ke-giatan pembelajaran
yang dilakukan adalah sebagai berikut:
a. Siswa mengidentifikasi masalah tentang teorema
Pythagoras dan bilangan-bilangan triple
Pytha-goras, dan mencatat poin-poin penting
b. Siswa menetapkan tujuan dalam membuktikan
teorema Pythagoras dan dalam menemukan bilangan-bilangan triple Pythagoras
c. Siswa mengeksplorasi strategi yang mungkin
dalam membuktikan teorema Pythagoras dan dalam menemukan bilangan triple Pythagoras
d. Siswa mengantisipasi berbagai alternatif
yang mungkin dalam membuk-tikan Teorema
Pythagoras dan menemukan bilangan triple
Pythagoras dan melaksanakannya.
e. Siswa mendiskusikan dalam melihat kembali
pembuktian teorema Pythagoras dan bilangan-bilangan triple Pythagoras
|
a. Mendeskrip-sikan karakteristik segitiga
siku- siku
b. Menuliskan teorema Pythagoras pada segitiga
siku-siku
c. Menghitung panjang salah satu segitiga
siku-siku jika dua sisi yang lain diketahui
d. Menemukan bilangan-bilangan yang merupakan triple Pythagoras
|
Tes
|
uraian
|
1. Diketahui segitiga ABC siku-siku di C. Tuliskan
rumus Pythagoras pada segitiga tersebut dalam tiga bentuk. Berikan
penjelasan.
2. Diketahui segitiga ABC siku-siku di A
dengan panjang sisi AB = 8 cm
dan panjang sisi AC = 6 cm. Tentukan panjang sisi BC. Berikan penjelasan.
3. Carilah lima kelompok bilangan yang meru-pakan
triple Pythagoras antara bilangan
10 sampai dengan 29 dan berikan penjelasan.
|
6 x 40’
|
Lembar Kerja Siswa, GeoGebra
|
Kompetensi Dasar
|
Karakter
|
Materi Pembelajaran
|
Pengalaman Belajar Siswa
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Tek-nik
|
Bentuk
instrumen
|
Contoh instrumen
|
|||||||
3.2. menyelesai-kan masalah pada bangun
datar dengan mengguna-kan teorema Pythagoras
|
Kerjasama, berpikir kritis
|
a.
Perbandingan
sisi-sisi pada segitiga siku-siku istimewa
b.
Penerapan
Teorema Pythagoras dalam penyelesaian masalah
|
Melalui pembelajaran kooperatif dengan
pendekatan IDEAL dan memanfaatkan software GeoGebra, kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah sebagai berikut:
a.
Siswa
mengidentifikasi masalah dalam soal dan mencatat poin-poin penting
b.
Siswa menetapkan
tujuan yang dimaksud dalam soal
c.
Siswa
mengeksplorasi strategi yang mungkin dalam menyelesaikan masalah yang ada
d.
Siswa
mengantisipasi hasil yang mungkin
dalam penyelesaian masalah
e.
Siswa
mendiskusikan dalam melihat kembali hasil penyelesaian masalah
|
a.
Menghitung
perbandingan sisi-sisi pada segitiga siku-siku istimewa yang salah satu
sudutnya 30o
b.
Menghitung
perbandingan sisi-sisi pada segitiga siku-siku istimewa dengan sudut 45o
c.
Menghitung
panjang diagonal pada segiempat
d.
Menghitung
keliling belah ketupat jika panjang kedua diagonalnya diketahui
e.
menghitung
luas daerah trapesium sama kaki jika diketahui ukuran setiap sisinya
|
Tes
|
uraian
|
1.
Tentukan
tinggi dan luas daerah segitiga sama sisi yang panjang sisinya 6 cm. Berikan
penjelasan.
2.
Tentukan
panjang sisi dan luas daerah persegi yang panjang diagonalnya 18 cm. Berikan
penjelasan.
3.
Tentukan
panjang diagonal persegi panjang yang ukuran panjang dan lebarnya berturut-turut
6 cm dan 8 cm.
4.
Diketahui
belahketupat ABCD dengan panjang AC dan BD berturut-turut 10 cm dan 24 cm.
Berapakah kelilingnya? Berikan penjelasan.
5.
Trapesium PQRS dengan panjang PQ, QR, RS,
dan SP berturut-turut
8 cm, 5 cm, 2 cm, dan 5 cm. Tentukan luas
trapesium tersebut. Berikan penjelasan.
|
6 x 40’
|
Lembar Kerja Siswa, GeoGebra
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar