Total Tayangan Halaman

Rabu, 12 Maret 2014

SILABUS PEMBELAJARAN TEOREMA PYTHAGORAS DENGAN PENDEKATAN IDEAL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN GEOGEBRA

SILABUS
Unit Sekolah  : SMP NEGERI 3 PATI
Kelas               : VIII
Semester         : 1
Mapel             : Matematika
                                                                                                            Alokasi waktu: 12 x 40 menit (6 pertemuan)

Standar Kompetensi   :   3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam penyelesaian masalah
Kompe-tensi Dasar
Karak-ter
Materi Pembelajaran
Pengalaman belajar siswa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
Tek-nik
Bentuk instrumen
Contoh instrumen
3.1. Menggu-nakan Teorema Pythago-ras dalam penyele-saian masalah
Kerjasa-ma, berpikir kritis

Teorema Pythagoras:
a.    Membuktikan teorema Pythagoras
b.   Menuliskan teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku
c.    Menemukan bilangan-bilangan triple Pythagoras

Melalui pembelajaran bersetting kooperatif dengan pendekatan IDEAL Problem Solving dan memanfaatkan software GeoGebra, ke-giatan pembelajaran yang dilakukan adalah sebagai berikut:
a.  Siswa mengidentifikasi masalah tentang teorema Pythagoras dan bilangan-bilangan triple Pytha-goras, dan mencatat poin-poin penting
b.  Siswa menetapkan tujuan dalam membuktikan teorema Pythagoras dan dalam menemukan bilangan-bilangan triple Pythagoras
c.  Siswa mengeksplorasi strategi yang mungkin dalam membuktikan teorema Pythagoras dan dalam menemukan bilangan triple Pythagoras
d. Siswa mengantisipasi berbagai alternatif yang mungkin  dalam membuk-tikan Teorema Pythagoras dan menemukan bilangan triple Pythagoras dan melaksanakannya.
e.  Siswa mendiskusikan dalam melihat kembali pembuktian teorema Pythagoras dan bilangan-bilangan triple Pythagoras
a.  Mendeskrip-sikan karakteristik segitiga siku- siku
b. Menuliskan teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku
c.  Menghitung panjang salah satu segitiga siku-siku jika dua sisi yang lain diketahui
d. Menemukan bilangan-bilangan yang merupakan triple Pythagoras

Tes


uraian
1.       Diketahui segitiga ABC siku-siku di C. Tuliskan rumus Pythagoras pada segitiga tersebut dalam tiga bentuk. Berikan penjelasan.
2.       Diketahui segitiga ABC siku-siku di A dengan panjang sisi           AB = 8 cm dan panjang sisi AC = 6 cm. Tentukan panjang sisi BC. Berikan penjelasan.
3.       Carilah lima kelompok bilangan yang meru-pakan triple Pythagoras antara bilangan 10 sampai dengan 29 dan berikan penjelasan.
6 x 40’
Lembar Kerja Siswa, GeoGebra






  
Kompetensi Dasar
Karakter
Materi Pembelajaran
Pengalaman Belajar Siswa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
Tek-nik
Bentuk instrumen
Contoh instrumen
3.2. menyelesai-kan masalah pada bangun datar dengan mengguna-kan teorema Pythagoras
Kerjasama, berpikir kritis

a.   Perbandingan sisi-sisi pada segitiga siku-siku istimewa

b.   Penerapan Teorema Pythagoras dalam penyelesaian masalah

Melalui pembelajaran kooperatif dengan pendekatan IDEAL dan memanfaatkan software GeoGebra, kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah sebagai berikut:
a.  Siswa mengidentifikasi masalah dalam soal dan mencatat poin-poin penting
b.  Siswa menetapkan tujuan yang dimaksud dalam soal
c.  Siswa mengeksplorasi strategi yang mungkin dalam menyelesaikan masalah yang ada
d. Siswa mengantisipasi hasil yang mungkin  dalam penyelesaian masalah
e.  Siswa mendiskusikan dalam melihat kembali hasil penyelesaian masalah
a.  Menghitung perbandingan sisi-sisi pada segitiga siku-siku istimewa yang salah satu sudutnya 30o
b.  Menghitung perbandingan sisi-sisi pada segitiga siku-siku istimewa dengan sudut 45o
c.  Menghitung panjang diagonal pada segiempat
d. Menghitung keliling belah ketupat jika panjang kedua diagonalnya diketahui
e.  menghitung  luas daerah trapesium sama kaki jika diketahui ukuran setiap sisinya
Tes


uraian
1.  Tentukan tinggi dan luas daerah segitiga sama sisi yang panjang sisinya 6 cm. Berikan penjelasan.
2.  Tentukan panjang sisi dan luas daerah persegi yang panjang diagonalnya 18 cm. Berikan penjelasan.
3.  Tentukan panjang diagonal persegi panjang yang ukuran panjang dan lebarnya berturut-turut 6 cm dan 8 cm.
4.  Diketahui belahketupat ABCD dengan panjang AC dan BD berturut-turut 10 cm dan 24 cm. Berapakah kelilingnya? Berikan penjelasan.
5.   Trapesium PQRS dengan panjang PQ, QR, RS, dan SP berturut-turut
8 cm, 5 cm, 2 cm, dan 5 cm. Tentukan luas trapesium tersebut. Berikan penjelasan.

6 x 40’
Lembar Kerja Siswa, GeoGebra








                                                                                                                                                           
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       


Tidak ada komentar:

Posting Komentar