RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP KD 3.1
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 3 Pati
Kelas : VIII
Semester : 1
Mata Pelajaran : Matematika
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 pertemuan)
A.
Standar Kompetensi:
3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam
pemecahan masalah
B.
Kompetensi Dasar:
3.1.
Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah.
C.
Indikator:
Pertemuan
1:
1.
Mendeskripsikan
karakteristik segitiga siku-siku.
2.
Membuktikan teorema Pythagoras.
Pertemuan 2:
3. Menuliskan rumus Teorema Pythagoras terkait
dengan berbagai segitiga siku-siku yang diberikan.
4. Menghitung panjang salah satu sisi segitiga
siku-siku, jika panjang dua sisi yang lain diketahui.
Pertemuan 3:
5. Menemukan bilangan-bilangan yang merupakan triple Pythagoras.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mereviu materi, mencatat butir-butir penting, berdiskusi, dan
melakukan kegiatan lainnya, siswa dapat:
Pertemuan
1:
1.
mendeskripsikan karakteristik segitiga siku-siku;
2.
membuktikan teorema Pythagoras;
Pertemuan 2:
3. menuliskan rumus Teorema Pythagoras dan
menerapkannya terkait dengan berbagai segitiga siku-siku yang diberikan.
Pertemuan 3:
4. menemukan bilangan-bilangan yang merupakan triple Pythagoras.
E.
Materi Ajar
Pertemuan 1
1. Karakteristik segitiga siku-siku
2.
SEGITIGA
SIKU-SIKU
Segitiga ABC dikatakan siku-siku
jika salah satu dari ketiga sudut dalam segitiga ABC adalah siku-siku atau
besarnya 90o.
Berdasarkan sifat ketaksamaan
segitiga, jika pada segitiga ABC yang panjang sisinya a, b, dan c dengan c
> a dan c > b berlaku c2 = a2 + b2
maka segitiga ABC siku-siku di C.
PEMBUKTIAN
TEOREMA PYTHAGORAS
Bunyi dari Teorema Pythagoras adalah
jika diketahui suatu segitiga siku-siku ABC di C dengan AB sebagai hypotenuse (sisi miring), maka
berlaku maka berlaku kudrat sisi miring akan sama dengan jumlah kuadrat dua
sisi siku-sikunya atau bisa dituliskan AB2 = AC2 + BC2.
Teorema ini bisa dibuktikan dengan
pendekatan geometris, yaitu dengan menggunakan luasan daerah persegi dan
segitiga siku-siku sebagai berikut.
Persegi disamping terdiri atas emapt
buah segitiga yang masing-masing sisinya berukuran a, b, dan c, dan salah
satu sudutnya siku-siku. Jadi dapat dikatakan bahwa keempat segitiga
siku-siku tersebut sama dan sebangun, sehingga setiap luasan daerahnya sama
luas, yaitu
Sedangkan bentuk segiempat yang ada
dalam persegi tersebut juga merupakan persegi yang panjang sisinya c.
Jadi penjabaran luasan dari gambar
di atas adalah:
Û
Jadi terbukti bahwa
|
a
|
a
|
a
|
a
|
b
|
b
|
b
|
b
|
c
|
c
|
c
|
c
|
Pertemuan 2
Penulisan dan penerapan rumus teorema Pythagoras
pada segitiga siku-siku
KEBERLAKUAN TEOREMA
PYTHAGORAS
Bunyi
dari Teorema Pythagoras adalah jika diketahui suatu segitiga siku-siku ABC
di C dengan AB sebagai hypotenuse
(sisi miring), maka berlaku AB2 = AC2 + BC2.
Penulisan
dan penerapan Teorema ini harus memperhatikan posisi sudut siku-siku atau
sisi miringnya. Sebagai contoh adalah sebagai berikut.
Pada segitiga KLM disamping. Sudut
siku-siku terletak pada sudut M. Dengan demikian KL sebagai sisi miring, KM
dan LM sebagai sisi siku-siku.
Teorema Pythagoras yang berlaku pada
segitiga KLM adalah KL2 = KM2 + LM2.
|
K
|
L
|
M
|
Pertemuan 3
BILANGAN-BILANGAN TRIPLE PYTHAGORAS
Triple Pythagoras adalah kelompok tiga
bilangan asli yang memenuhi Teorema Pythgaoras.
Sebagai
contoh kelompok bilangan 3, 4, dan 5.
Bilangan-bilangan
tersebut jika diterapkan pada Teorema Pythagoras memenuhi, yaitu 52
= 32 + 42. Demikian juga kelipatannya seperti 9, 12,
dan 15, karena 152 = 92 + 122.
Masih
banyak kelompok bilangan triple
Pythagoras yang lain. Diantaranya 5, 12, dan 13; 7, 24, dan 25; serta masih
banyak yang lainnya.
|
F.
Model dan Pendekatan Pembelajaran
Pembelajaran kooperatif dengan pendekatan penyelesaian masalah IDEAL Problem Solving
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40
menit)
1. Pendahuluan ( 10 menit)
Guru:
a. memimpin doa;
b. memberikan motivasi kepada siswa tentang
materi karakteristik segitiga siku-siku yang akan diberikan (Lampiran 1);
c. memberikan apersepsi materi yaitu konsep
jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudut dan panjang sisinya;
d. menyepakati kegiatan yang akan dilakukan
bersama siswa.
2. Inti (60 menit)
Siswa:
a. membaca materi mengenai karakteristik segitiga
siku-siku dan pembuktian teorema Pythagoras yang ada di LKS secara berpasangan
dengan teman sebangku;
b. secara berpasangan dengan teman sebangku,
memahami, menemukan, dan mendiskusikan sifat-sifat segitiga siku-siku dan
membuktikan teorema Pythagoras dengan pendekatan IDEAL Problem Solving berbantuan GeoGebra dengan kegiatan yang ada
pada LKS;
c. mengerjakan soal yang ada di LKS pertemuan 1
tentang karakteristik pada segitiga siku-siku;
d. melihat kembali penyelesaian permasalahan tentang
karakteristik segitiga siku-siku yang telah dilakukan dengan mempresentasikan
hasil diskusi di depan kelas dan memberikan tanggapan atas hasil presentasi
kelompok lain;
e. melakukan refleksi dengan mengulang kembali
bagian yang masih memerlukan penjelasan dari guru.
3. Penutup (10 menit)
Siswa:
a. membuat kesimpulan mengenai karakteristik
segitiga siku-siku dan pembuktian teorema Pythagoras;
b. mencatat informasi tentang tugas yang
diberikan (Lampiran 4);
c. berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.
Pertemuan
2 (2 x 40 menit)
1. Pendahuluan (10 menit)
Guru:
a.
memimpin
doa;
b.
memberikan
motivasi kepada siswa tentang materi keberlakuan Teorema Pythagoras yang akan
diberikan (lampiran 2);
c.
menyepakati
kegiatan yang akan dilakukan bersama siswa.
2. Inti (60 menit)
Siswa:
a. membaca materi secara berpasangan dengan
teman sebangku mengenai keberlakuan Teorema Pythagoras dan memahami
permasalahan yang dimunculkan dalam pertanyaan awal (motivasi);
b. melalui diskusi kelompok, memahami,
menemukan, dan mendiskusikan penulisan teorema Pythagoras pada sembarang
segitiga siku-siku dan menghitung panjang salah satu sisi segitiga siku-siku,
jika panjang dua sisi yang lain diketahui dengan pendekatan IDEAL Problem Solving berbantuan GeoGebra dengan
kegiatan yang ada pada LKS pertemuan 2;
c. mengerjakan soal yang ada di LKS tentang keberlakuan
Teorema Pythagoras;
d. melihat kembali penyelesaian permasalahan mengenai
keberlakuan Teorema Pythagoras yang telah dilakukan dengan mempresentasikan
hasil diskusi di depan kelas dan memberikan tanggapan atas hasil presentasi
kelompok lain;
e. melakukan refleksi dengan mengulang bagian
yang masih memerlukan penjelasan dari guru.
3. Penutup (10 menit)
Siswa:
a. membuat kesimpulan mengenai penerapan teorema
Pythagoras;
b. mencatat informasi tentang tugas yang
diberikan (Lampiran 4);
c. berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.
Pertemuan
3 (2 x 40 menit)
1. Pendahuluan (10 menit)
Guru:
a. memimpin doa;
b. memberikan motivasi kepada siswa tentang
materi yang akan diberikan (Lampiran 3):
c. menyepakati kegiatan yang akan dilakukan
bersama siswa.
2. Inti (60 menit)
Siswa:
a. membaca materi secara berpasangan dengan
teman sebangku mengenai mengenai bilangan-bilangan triple Pythagoras dan memahami permasalahan yang dimunculkan dalam
pertanyaan awal (motivasi);
b. melalui diskusi dalam kelompok kecil,
memahami, menemukan, dan mendiskusikan bilangan-bilangan triple Pythagoras dengan pendekatan IDEAL Problem Solving berbantuan GeoGebra dengan kegiatan yang ada
pada LKS pertemuan 3;
c. mengerjakan soal yang ada di LKS tentang bilangan
triple Pythagoras;
d. melihat kembali penyelesaian permasalahan
yang telah dilakukan dengan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan memberikan
tanggapan atas hasil presentasi kelompok lain;
e. melakukan refleksi dengan mengulang bagian
yang masih memerlukan penjelasan dari guru.
3. Penutup (10 menit)
Siswa:
a. membuat kesimpulan mengenai bilangan-bilangan
triple Pythagoras;
b. mencatat informasi tentang tugas yang
diberikan (Lampiran 4);
c. berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.
H.
Sumber Belajar
Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
GeoGebra
I.
Penilaian
1.
Bentuk instrumen: tes uraian
2.
Instrumen: (Lampiran
5).
Lampiran 1. Motivasi pertemuan 1
Teknik penyampaian motivasi:
ditayangkan melalui slide Powerpoint di depan kelas
A. Perhatikan gambar berikut.
(sumber: dokumentasi peneliti)
1. Apa yang kamu amati dari gambar di atas?
2. Bangun datar apakah yang sesuai dengan gambar
tersebut?
3. Bagaimana besar sudut-sudut yang terbentuk
antara tiang penyangga dan kerangka atap rumah?
4. Perhatikan sudut yang terbentuk pada tiang penyangga
dan kerangka atap rumah pada gambar di atas, bagaimana jika posisi sudutnya
diubah?
B. Jika disediakan potongan-potongan lidi yang
mempunyai ukuran 2 cm, 2 cm, dan 3 cm, dapatkah kamu membuatnya menjadi sebuah
segitiga? Bagaimana besar sudut yang dibentuk oleh ketiga potong lidi tersebut?
Untuk menjawab
permasalahan di atas, akan kita diskusikan dalam LKS, dan untuk mempermudahnya,
kita gunakan GeoGebra.
Lampiran
2. Motivasi pertemuan 2
Perhatikan gambar
berikut.
B
|
A
|
(Sumber:
dokumentasi peneliti)
Gambar di atas
merupakan maket SMP Negeri 3 Pati.
Jika sekarang kalian
berada di depan ruang guru (A) dan akan menuju koperasi (B), maka jalur manakah
yang akan kalian lewati?
Apakah jalur tersebut
sudah merupakan jalur terpendek?
Mengapa demikian?
Lampiran
3. Motivasi pertemuan 3
Perhatikan gambar
berikut.
(sumber: www.gambarrumahh.com)
Seorang ayah akan
memperbaiki atap rumah (eternit) dengan menggunakan tangga yang panjangnya 5,85
meter yang disandarkan pada tembok. Jika jarak tembok dengan kaki tangga adalah
2,25 meter, berapakah tinggi eternit (atap) dari lantai?
Apakah yang akan kamu
lakukan untuk menentukannya?
Apakah kamu menemui
kesulitan dalam menghitungnya?
Permasalahan di atas
bisa diselesaikan secara lebih sederhana jika kita mengetahui triple Pythagoras.
Lampiran 4. Tugas individu di akhir
pertemuan
A.
PERTEMUAN 1
1. KLM
merupakan suatu segitiga siku-siku sama kaki dengan
MK = ML = a, KL
= b dan c merupakan
garis tinggi.
a.
Tuliskan teorema Pythagoras yang berlaku
pada segitiga KMN.
b.
Tuliskan teorema Pythagoras yang berlaku
pada segitiga LMN.
c.
Apa
yang dapat kamu simpulkan mengenai segitiga KMN dan segitiga LMN? Berikan penjelasan.
B.
PERTEMUAN 2
1.
Perhatikan gambar.
Jika segitiga
TOP merupakan segitiga sama kaki, dengan D merupakan titik tengah sisi TP.
a.
Tentukan panjang TD dan PD
b.
D
|
T
|
O
|
P
|
12 cm
|
10 cm
|
B
|
A
|
C
|
10 cm
|
12 cm
|
D
|
c.
Tentukan luas daerah segitiga TOP
C.
PERTEMUAN 3
Carilah sedikitnya
5 kelompok triple Pythagoras dari
bilangan 1 sampai dengan 100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar